21.53
3
By : *Edi Bahtiar Baqir
Nilai seseorang ditentukan oleh kualitas ilmu dan etikanya. Sementara tampilan fisik seseorang akan membuatnya terhormat sebelum ia berbicara. Kalau sudah berbicara, maka yang membuat seseorang terhormat atau tidak adalah kualitas pembicaraannya (ilmunya). Artinya, ketika yang ia bicarakan adalah sesuatu yang berbobot maka orang lain akan segan dan hormat kepadanya, begitu pula sebaliknya.
Terkait dengan hal tersebut, sebagaimana dikatakan oleh KH. Sya’roni Ahmadi, sesepuh Kudus, “Doa KH. Bisri Musthofa terhadap anak adalah ‘semoga menjadi anak yang ‘alim (pandai) dan ‘aqil (terampil, cerdik)’ “. Kalau hanya’aqil maka ia akan membohongi orang lain, sementara kalau hanya ‘alim maka ia akan selalu dibohongi. Sedangkan KH. alm. Arwani Kudus selalu berdoa untuk anak ‘semoga ia menjadi anak yang ‘alim dan barakah’.
Harapannya, jika anak-anak kita ‘alim serta ‘aqil maka tentunya ia juga shaleh, yaitu yang selalu memenuhi kewajibannya kepada Allah dan kewajiban terhadap sesama. Peran satu orang shaleh adalah mampu menolak atau menghindarkan musibah 100 keluarga di lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, muncul permasalahan terkait dengan banyaknya musibah yang menimpa Negara Indonesia akhir-akhir ini. Mungkinkah warga Indonesia yang shaleh jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding warga yang selalu berbuat maksiat sehingga perbandingannya belum mencapai 1 : 100 ? Mari kita introspeksi diri merenungkan hal ini ! 


*Edi Bahtiar Baqir : Alumni Ponpes Al-Iman Bulus tahun  1992, Aktif sebagai Dosen STAIN Kudus

3 komentar:

  1. anang purworejo31 Maret 2011 22.18

    makanya GA' SALAH JUGA KALO NYUWUN AMA ALLOH MOGA DIPARINGI MOMONGAN YO SHALIH/AH YO 'ALIM/AH

    BalasHapus
  2. Semoga kita semua mendapatkan keturunan yang "'alimun biilmih wa amilun bi'ilmih amiin........

    BalasHapus

ingin berkomentar? Tapi Tidak punya akun apa-apa ? Gampang. Kliklah panah kecil sebelum atau sesudah menulis komentar. Kemudian pilihlah ID Name/URL. Isilah nama anda ( Diharapkan bila anda pernah berkomentar dengan menggunakan nama yang sama sebelumnya, karena akan terhitung di Top Komentator). Dan untuk kotak URL-nya kosongkan saja. Beres, tinggal klik Poskan Komentar. Maka komentar anda akan segera meluncur. Selamat mencoba dan terima kasih.