20.32
0
By : *Edi Bahtiar Baqir
Rasulullah menuturkan bahwa pada komunitas Bani Israil terdapat  3 orang yang masing masing di samping  perekonomiannya lemah juga menderita penyakit.  Diantara mereka ada yang sakit kulit, berkepala botak dan lainya buta, sehingga ke tiga-tiganya  terisolir  dan dikucilkan oleh anggota masyarakat. Kemudian malaikat mendatangi mereka sembari menanyakan hal apa yang  paling mereka idam-idamjkan ?  tentu saja mereka ingin bebas dan sembuh  dari penyakitnya serta kembali normal sebagaimana layaknya orang lain sehingga mereka tidak lagi  dikucilkan. Kemudian malaikat menanyakan harta benda apa yang mereka sukai ? diantara mereka  ada yang menjawab ingin unta, sapi dan lainnya suka kambing. Dan atas izin Allah  mereka bertiga mendapatkan harta sesuai yang mereka harapkan, dan akhirnya ternak mereka berkembang biak banyak sekali.
Kemudian dalam kesempatan lain malaikat tersebut mendatangi mereka, dengn menjelma menjadi orang miskin  yang kehabisan bekal dalam perjalanan, oleh karenaya malaikat “ yang miskin “ ini minta bantuan kapada mereka  agar dapat melanjutkan perjalanannya. Namun apa jawab mereka  “kebutuhanku banyak, aku tidak bisa membantumu ! kemudian malaikat ini berkomentar  tampaknya aku mengenalimu bukankah kamu dulu miskin  dan berpenyakit sehingga dikucilkan masyarakat. Kemudian Allah SWT, memberimu harta yang melimpah! Orang yang pertama dan yang kedua membantah tidak ! harta ini kami warisi dari orang tua kami. Kemudian sang malaikat mengancam; kalau kalian bohong niscaya Allah SWT, akan mengembalikan kalian kepada kondisi semula.
Sikap orang ketiga ini lain responya kapada  sang malaikat, ia justru mempersilahkan malaikat tersebut untuk mengambil hartanya sebanyak-banyaknya. Melihat respon positif ini akhirnya malaikat menegaskan bahwa saya hanya menguji kalian. Allah SWT, meridhoimu dan murka kepada kedua temanmu.    

* Edi Bahtiar Baqir : Alumni Ponpes Al-Iman Bulus Purworejo th. 1992, aktif sebagai dosen di STAIN Kudus Jawa Tengah 

0 komentar:

Posting Komentar

ingin berkomentar? Tapi Tidak punya akun apa-apa ? Gampang. Kliklah panah kecil sebelum atau sesudah menulis komentar. Kemudian pilihlah ID Name/URL. Isilah nama anda ( Diharapkan bila anda pernah berkomentar dengan menggunakan nama yang sama sebelumnya, karena akan terhitung di Top Komentator). Dan untuk kotak URL-nya kosongkan saja. Beres, tinggal klik Poskan Komentar. Maka komentar anda akan segera meluncur. Selamat mencoba dan terima kasih.