09.05
0
Penulis : Wildan 
Tujuan hidup di dunia ada dua yaitu kesenangan dan ketenangan. Orang bekerja guna memenuhi kebutuhan kesenangannya. Karena, dengan bekerja seseorang mendapatkan jalan bagaimana ia meraih kesenangan. Yang terpenting dalam mencukupi kesenangan, manusia membutuhkan dua komponen yaitu, tempat dan waktu. Dengan tempat kita dapat meluapkan kesenangan kita, begitu juga waktu. Kedua hal ini sangat penting guna mencapai kesenangan. Adapun untuk mendapatkan kesenangan ini dalam akhir-akhir ini membutuhkan barang yang dinamakan UANG. Dengannya kita bisa membeli apa saja yang kita inginkan seperti kebutuhan biologis. bahkan kalau kita mau membeli jabatan dan wanita pun kita mampu. Dalam hal ini uang bisa dikatakan segalanya. Semua kejadian dan kegiatan membutuhkan uang. Kita belajar butuh uang, kita bermain butuh uang, kita makan butuh uang,! dan lain sebagainya. Semuanya pasti ujung-ujungnya duit.

Jadi benar apa yang telah dikatakan banyak orang dengan uang kita dapat memiliki dan menikmati apa saja yang kita mau. Karena inilah banyak orang sengat giat dan tekun meraih harta di dunia, motif mereka adalah memuaskan nafsu kesenangan mereka, meskipun masih ada orang yang tidak tahu tujuan dari bekerja sendiri.

Tujuan hidup yang kedua saat kita masih berada di dunia yaitu ketenangan. Ketenangan tidak seperti kesenangan. Ketengan tidak diperoleh dengan uang, harta malahan membuat risau keadaan. Yang ada dalam pikiran mereka jika mempunyai harta yang melimpah. Mereka selalu berprasangka buruk pada orang lain. Bayangkan saja jika harta kita melimpah, bayak mobil di garasi, tabungan di bank tak terhitungkan, perhiasan di lemari bagaikan buju-baju yang bergelantungan. Kita akan diperbudak oleh harta kita sendiri. Dengan harta-harta tersebut manusia menjadikan selalu was-was dan curiga terhadap setiap orang yang ia jumpai. Dari perasaan itulah rasa ketengan tidak akan pernah dicapai oleh manusia.

Untuk meraih ketenangan yang manusia butuhkan adalah sebuah kepercayaan dan keyakinan. dalam hal ini keyakinan dibagi menjadi dua, yaitu:


1.Keyakinan kita kepada tuhan


berkeyakinan teguh pada tuhan sang pencipta alam dengan menyakini segala firman dan ajaran-ajaran yang diberikan kepada kita melalui kitab-kitabnya adalah maksud dari keyakinan di sini. Karena di dalam kitab-kitab itu biasanya diajarkan bagaimana cara kita hidup didunia, bagaiman mensikapi orang lain, bagaimana, menggunakan harta, dan bagaimana mencari harta. Dengan itulah manusia dapat mengatur setiap sisi kehidupan yang ada. Ada juga perihal yang berperan guna menuai ketenangan yaitu, kegiatan ritual-ritual agama. Dalam kegiatan ini disetiap agama mana pun para penganut agama diperintahkan untuk mendekatkan diri pada tuhannya. Tatkala kita sudah biasa menerapkan keberagamaan sangat diragukan orang akan mendapatkan kerisauan dan ketegangan hati maupun jiwa.


2.Percaya tehadap sesama


Selain percaya dengan adanya sang pencipta, yang dibutuhkan oleh manusia guna mencapai ketaangan yaitu kepercayaan terhadap manusia. Sikap ini penting ditanamkan pada pikiran dan hati kita. Ketika rasa percaya terhadap sesama telah terpatri di dalam dada rasa curiga terhadap orang lain tak akan bersarang di hati kita. Hal seperti ini memang sulit. Apalagi di zaman sekarang yang mana persaingan sangat ketat. Seseorang akan mendepak dan menendang orang lain tak pandang itu kawan ataupun lawan guna mencapai tujuan masing-masing. Berpikir positif terhadap sesuatu adalah kunci guna bisa menaruh kepercayaan kepada orang lain. Ketika seeorang percaya bahwa semuanya baik, tak ada pikiran ataupun sangkaan sikap orang lain akan mengurangi beban kerisauan dalam hati.

Dengan itulah manusia bias mencapai hidup tenang dan senang di dunia. Semua dari itu tidak akan terjadi dengan tiba-tiba. Harus ada pembelajaran, keteladanan, dan kebiasaan. Jika berdiam saja sungguh mustahil kita bisa mencapai kehidupan yang layak jiwa dan hati.

0 komentar:

Posting Komentar

ingin berkomentar? Tapi Tidak punya akun apa-apa ? Gampang. Kliklah panah kecil sebelum atau sesudah menulis komentar. Kemudian pilihlah ID Name/URL. Isilah nama anda ( Diharapkan bila anda pernah berkomentar dengan menggunakan nama yang sama sebelumnya, karena akan terhitung di Top Komentator). Dan untuk kotak URL-nya kosongkan saja. Beres, tinggal klik Poskan Komentar. Maka komentar anda akan segera meluncur. Selamat mencoba dan terima kasih.