0
Berawal dari obrolan ringan teman di facebook yang di prakarsai oleh Mas Anang EsBe, Mas M. Arwani , Mas H. Hayyin Muhdlor, Lc , Mas Edi Rohani serta rekan - Rekan Santri dan alumni Pondok Pesantren Al - Iman Bulus Gebang Purworejo yang tergabung dalam Group Facebook Al - Iman Bulus Group yang diluncurkan Oleh sahabat Wiwit Hasanudin, akhirnya Webblog Al-iman Community ini berhasil Online.

Webblog ini dibuat dengan berplatform blogger, Pada awalnya di custom dengan  domain Gratisan , akan tetapi berkat adanya sumbangan dana dari salah seorang alumni, akhirnya webbblog ini menggunakan Alamat Domain  www.al-imancommunity.com.

Web ini dimaksudkan sebagai media silaturrahmi dan silatul ‘ilm kawan-kawan santri dan alumni Al Iman. Kawan-kawan bisa mengirimkan opini, ide, pengalaman, puisi, report untuk di share dan didiskusikan.
Awalnya, beberapa kawan punya fikiran untuk membuatkan web resmi untuk Ponpes Al Iman sebagai media sosialisasi dan silaturrahmi antara al Iman - Santri - Alumni - masyarakat luas. Akan tetapi Karena beberapa pertimbangan, ide tersebut tidak jadi dilaksanakan dan akhirnya menggunakan Web Al Iman Community. Beberapa hal menjadi pertimbangan kami. Yang utama adalah bahwa secara struktural Web ini bukan web resmi ponpes al - iman bulus, meskipun secara emosional dan kultural isi di web ini tetap – mudah - mudahan - sesuai dengan misi ponpes al-iman bulus. Resiko dari menggunakan nama Ponpes Al Iman tentunya isi dan materinya merupakan informasi resmi, di samping tentu harus seijin Pondok. Pertimbangan lainnya adalah bahwa yang ditulis di Web ini merupakan opini kawan-kawan santri dan alumni Al Iman. Sehingga tulisan dan informasi yang ada tidak mewakili ataupun pendapat resmi Ponpes Al Iman. Mengingat keragaman konsetrasi dan kecenderungan kawan-kawan santri, utamanya alumni, sangat dimungkinkan keragaman opini kawan-kawan di dalam menyikapi banyak hal. Persentuhan dengan dunia luar pasca nyantri di Al Iman tentu akan banyak berpengaruh pada pola pikir mereka. Dan pola pikir ini sangat mungkin tidak sama persis dengan yang ada “di dalam” Al Iman.
Di samping itu, penggunaan domain Al Iman Community, dan bukan Ponpes Al Iman akan membuat kawan-kawan lebih “bebas-bertanggungjawab” di dalam menyampaikan ide dan gagasan. Gagasan-gagasan yang muncul bisa jadi bukan hanya mendukung beberapa hal di Al Iman, tetapi dimungkinkan merupakan kritik dan masukan bagi Al Iman. Tetapi kami sangat percaya, apapun kritik yang disampaikan oleh kawan-kawan melalui web ini tidak ditujukan untuk sesuatu yang negative terhadap almamater yang telah membesarkan mereka ataupun su’ul adab kepada al Mukarram dan dewan guru. Kritik dan opini yang disampaikan semata-mata merupakan bentuk kecintaan mereka terhadap Al Iman yang akan mereka cintai sampai kapanpun.
Beberapa kawan-kawan sangat intens terlibat dalam pembuatan web ini, seperti mas Wiwit Hasanudin Sebagai penerima serta pengolah artikel yang akan dipublikasikan, mas Agus istiqlal Sebagai penyusun themes dan layout, Desain header yang di desain oleh mas Robith dan mas Aufa. Terima kasih yang tak terhingga juga buat para donatur dan mereka semua yang telah “ lelah ” terlibat mengelola dan meramaiakan web ini.
Akhirnya semoga web ini bisa menjadi sarana untuk silaturrahim dan bermanfaat bagi kita semua, bukan hanya alumni dan santri Al-iman, tapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas. Amin..